Saturday 3 March 2018

Meningkatkan daya ingat dalam belajar forex


Cara Meningkatkan Daya Ingat Cara Meningkatkan Daya Ingat - Cara dicas menambah kekuatan daya ingat seseorang atau cara dicas agar daya ingat bisa meningkat - Setelah sebelumnya postar mengame cara membangkitkan semangat belajar. Kali ini saya akan compartilha dicas meningkatkan daya ingat seseorang. Mempunyai ingatan yang kuat memang menjadi kebanggaan tersendiri bagi setiap orang karena dengan ingatan yang bagus maka akan lebih mempermudah urusan-urusan dalam hidup. Tapi seringkali banyak orang yang bingung bagaimana mereka bisa memiliki ingatan yang bagus, padahal ingatan yang bagus sangat mereka butuhkan. Saya akan compartilha tipsnya yang saya dapatkan dari sini (blogedek. blogspot201703cara-meningkatkan-daya-ingat-otak. html). Langsung saja berikut ini dicas menambah kekuatan daya ingat seseorang: Olahraga. Olahraga bukan berarti baik untuk raga kita saja, dengan berolahraga secara teratur, selain menjaga badan kita tetap fit juga bisa membantu kita untuk meningkatkan kinerja otak sehingga tidak mudah lupa. Plak yang menumpuk di sel darah kita yang menyebabkan aliran nutrisi ke otak menjadi terhambat dan denber berolahraga bisa mengurangi plak tersebut sehingga otak kita tetap sehat. Jaga emosi. Orang yang tidak bisa mengendalikan emosi biasanya gampang terkena estresse, stress ini bisa menyebabkan kinerja otak kita terganggu karena ada beban pikiran yg lain. Por isso aturlah emosi untuk meningkatkan daya ingat otak. Tidur yang cukup. Tidur di sini bukan hanya tidur di malam hari, akan tetapi juga termasuk tidur siang. Ketika tidur, otak kita akan merekam kembali kejadian-kejadian yang dialami sebelum tidur. Terutama setelah mempelajari sesuatu, misal ketika belajar sebelum ujian. Mendengarkan musik. Berdasarkan penelitian, musik-musik tertentu bisa membantu kita untuk menghafal lebih cepat (meningkatkan daya ingat otak) sambil mendengarkan musik tersebut. Mengajar. Mengajari orang lain tentang sesuatu hal yang sudah kita ketahui juga bisa meningkatkan daya ingat otak kita karena secara tidak langsung kita juga mengulangi hal tersebut, bahkan bisa hafal di luar kepala. Mengisi teka-teki silang. Selain mengisi waktu luang, teka-teki silang juga bisa kita gunakan untuk meningkatkan daya ingat. Semakin sering kita melatih otak, semakin kuat juga kinerja otak kita. Nah, itulah cara meningkatkan daya ingat yang bisa saya compartilham. Semoga bermanfaat..Kiat terbaik untuk mengurangi lupa adalah dengan cara meningkatkan daya ingat akal siswa. Banyak ragam kiat yang dapat dicoba siswa dalam meningkatkan daya ingatannya, antara lain menurut Barlow (1985), Reber (1988), dan Anderson (1990), adalah sebagai berikut. 1. Overlearning Overlearning (belajar lebih) artinya upaya belajar yang melebihi batas penguasaan dasar atas materi pelajaran tertentu. Overlearning terjadi apabila responsa ua reaksi tertentadu muncul setelah siswa melakukan pembelajaran atas respons tersebut de173ngan cara di luar kebiasaan. Banyak contoh yang dapat dipakai untuk overlearning. Antara lain pembacaan teks Pancasila pada setiap hari Senin dan Sabtu memungkinkan ingatan siswa terhadap materi PPKN lebih kuat. Tempo de estudo extra (tambahan waktu belajar) ialah upaya penambahan alokasi waktu belajar atau penambahan frekuensi (kekerapan) aktivitas belajar. Penambahan alokasi waktu belajar materi tertentu berarti siswa menambah jam belajar, misalnya dari satu jam menjadi satu setengah jam. Penambahan frekuensi belajar berarti siswa meningkatkan kekerapan belajar materi tertentu, misalnya dari sekali sehari menjadi dua kali sehari. Kiat ini dipandang cukup strategis karena dapat melindungi memori dari kelupaan. Dispositivo mnemônico (muslihat memori) yang sering juga hanya disebut mnemonic itu berarti kiat khusus yang dijadikan 8220alat pengait8221 mental untuk memasukkan item-item informasi ke dalam sistem akal siswa. Muslihat mnemônico ini banyak ragamnya, tetapi yang paling menonjol adalah sebagaimana terurai di bawah ini. Yakni sajak yang dibuat sedemikian rupa yang isinya terdiri atas kata dan istilah yang harus diingat siswa. Sajak ini akan lebih baik pengaruhnya apabila diberi não-não sehingga dapat dinyanyikan. Nyanyian anak-anak TK vang berisi pesan-pesan moral dapat diambil sebagai contoh penyusunan mnemonik. Yakni terdiri atas huruf-huruf awal nama atau istilah yang harus diingat siswa. Contoh, jika seorang siswa hendak mempermudah mengingat nama Nabi Adam, Nabi Nuh, Nabi Ibrahim, dan Nabi Musa, dapat menyingkatnya dengan ANIM. Pembuatan singkatan-singkatan seyogyanya dilakukan sedemi173kian rupa sehingga menarik dan memiliki kesan tersendiri. Yakni sejenis teknik mnemonik yang menggunakan komponen-komponen yang sebelumnya telah dikuasai sebagai pasak (paku) pengait memori baru. Kata komponen pasak ini dibentuk berpasangan seperti merah-saga, panas-api. Kata-kata ini berguna untuk mengingat kata dan istilah yang memiliki watak yang sama seperti: darah, lipstik pasangan langit dan bumi neraka, dan kataistilah lain yang memiliki kesamaan watak (warna, rasa, dan seterusnya). Yaitu kiat mnemonik yang menggunakan tempat-tempat khusus dan terkenal sebagai sarana penempatan kata dan istilah tertentu yang harus diingat siswa. Kata 8220loci8221 sendiri adalah jamak dari kata 8220locus8221 artinya tempat. Dalam hal ini, nama-nama kota, jalan, gedung terkenal dapat dipakai untuk menempatkan kata dan istilah yang kurang lebih relevan dalam arti memiliki kemiripan ciri dan keadaan. Contoh: nama ibukota Amerika Serikat untuk mengingat nama presiden pertama negara itu (George Washington) dan gedung bundar untuk mengingat nama jaksa agung Indonésia. Apabila guru memerlukan siswa menyebut nama-nama tadi, ia dapat menyuruh siswa tersebut 8220bepergian8221 ke tempat-tempat tersebut. Kiat mnemonik yang satu ini relatif tergolong baru dibanding dengan kiat-kiat mnemonik lainnya. Kiat ini mula-mula dikembangkan pada tahun 1975 oleh dua orang pakar psikologi, Raugh dan Atkinson (Barlow, 1985). Sistem kata kunci biasanya direkayasa secara khusus untuk mempelajari kata dan istilah asing, Dan Konon cukup efektif untuk pengajaran bahasa asing, Inggris misalnya. Sistem ini berbentuk daftar kata yang terdiri atas unsur-unsur sebagai berikut: 1) kata-kata asing 2) kata-kata kunci, yakni kata-kata bahasa lokal yang paling kurang suku pertamanya memiliki suaralafal yang mirip dengan kata yang dipelajari 3) arti - Arti kata asing tersebut.

No comments:

Post a Comment